ABSTRAK
Megawati Aprosina, 2010. Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa fisika melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw kelas VII DI SMP KRISTEN ELIM tahun ajaran 2009/2010. Skripsi, program studi Pendidikan Fisika Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing : (1) Drs.Choirul Huda, M.Si., (2) Drs. Sudi Dul Aji, M. Si
Kata Kunci : Motivasi belajar Fisika, pembelajaran model kooperatif jigsaw.
Dalam suatu pembelajaran, pendekatan bukan segala-galanya. Masih banyak faktor lain yang ikut menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Faktor-faktor tersebut antara lain kurikulum yang menjadi acuan dasarnya, program pengajaran, kualitas guru, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, sumber belajar, dan teknik / bentuk penilaian. Ini berarti pendekatan hanyalah salah satu faktor saja dari sekian faktor yang perlu banyak mendapatkan perhatian dalam keseluruhan pengelolaan pembelajaran. Walaupun demikian penetapan pendekatan tertentu dalam hal ini pendekatan kontekstual dalam suatu pembelajaran dirasa penting karena dua hal. Pertama, penentuan isi program, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, sumber belajar dan teknik / bentuk penilaian harus dijiwai oleh pendekatan yang dipilih. Kedua, salah satu acuan untuk menentukan keseluruhan tahapan pengelolaan pembelajaran adalah pendekatan yang dipilih.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Kristen Elim, khususnya siswa kelas VII, Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach), karena menyangkut upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar fisika melalui pembelajaran model kooperatif jigsaw pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini di lakukan di kelas dengan cara merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan antisifatif dengan tujuan memperbaiki kinerja guru sehingga motivasi serta hasil belajar siswa dapat meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan motivasi belajar fisika melalui pembelajaran model kooperatif jigsaw pada pokok bahasan gerak lurus bagi siswa kelas VII SMP Kristen Elim Malang dapat meningkat. Dengan demikian penelitian ini menunjukan alasan yang kuat untuk dapat meyimpulkan bahwa ada peningkatan terhadap motivasi dan hasil belajar fisika dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif jigsaw bagi siswa kelas VII SMP Kristen Elim Malang pada Tahun 2009 / 2010.
0 komentar:
Posting Komentar
buat pengunjung yang ingin memberi komentar namun tidak memiliki akun silahkan gunakan ANONIM, Trima kasih