English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BM
PASANG IKLAN DI SINI CUMA Rp.150.000/Tahun

Minggu, 11 September 2011

Mengintip Kalimantan Yuk

Kalimantan atau Borneo adalah pulau terbesar no 2 di indonesia setelah papua nugini, banyak sekali kisah-kisah yang tersebar dari mulut kemulut tentang sisi lain kalimantan bagi masyarakat luar kalimantan. berikut ini saya akan mengisahkan sedikit tentang sisi lain kalimantan bagi anda yang ingin bepergian ke kalimantan berikut ini tips nya: (sebelumnya tulisan ini pernah saya posting di www.kompasiana.com)
hal-hal di dilarang dan dianggap pantang/dilarang

  1. Jika anda ditawari makan atau minum kopi, namun anda sudah kenyang atau tidak minum kopi maka anda harus Posek (menyentuh makanan atau minuman) dengan jari anda. jika tidak, maka kemungkin anda bisa mengalami kecelakaan bila mengendarai kendaraan motor, di gigit ular jika masuk kedalam hutan.
  2. Jika anda mengendarai motor dan melewati jembatan yang gelap dan sepi maka anda harus membunyikan klakson, hal ini untuk memberi isyarat permisi kepada mahluk halus penunggu jembatan
  3. Jika anda bermalam di hutan jangan membakar ikan, udang, kulit bawang, kulit pinang. hal ini akan memanggil kuntilanak.
  4. jangan berteriak di dalam hutan karna teriakan anda bisa dijawab oleh mahluk halus. 
  5. Jika anda tersesat dihutan, anda harus membuat tanda dengan mematah pucuk kayu kecil sebagai tanda kalau anda sudah melewati tempat tersebut. atau jika anda merokok coba duduk sebentar dan nyalakan rokok anda sambil menenangkan pikiran anda.
  6. jika anda mencari jalan diperkampungan Dayak, jangan bertanya sama anak kecil yang bermain sendiri. karna anda bisa di anggap keruit (penculik anak-anak) itu akan berbahaya bagi anda.
  7. sebisa mungkin jangan menolak makanan yang ditawarkan pada anda.
  8. jika anda pergi ke acara gawai (pesta adat) Dayak jangan membuka baju anda, karna anda bisa di anggap menantang masyarakat setempat.
  9. Jangan bicara tinggi (memamerkan kehebatan anda) bagian ini tidak perlu dijelaskan karna semua daerah hal ini dilarang
  10. Jika anda berjual keperkampungan dayak, usahakan anda jangan banyak berdiam diri, ajak masyarakat bicara, karna jika anda cuma diam aja. anda bisa dianggap mata-mata. (bukan mata-mata kayak intelejen) tapi mata-mata kruit.
  11. masih banyak lagi yang harus anda ketahui. untuk part ini sampai disini dulu part berikutnya akan saya sambung lagi.. 
sekian dulu ya.. semoga bermanfaat buat anda

8 komentar:

jadi takut ya ke kalimantan ternyata bukan hanya nymuknya yang berbahaya

Berlaku d daerah kalimantan mana az nich? kalsel,kalteng,ato kalbar?

Valven: Kasus ini lebih dititik beratkan di kalbar namun kebiasaan tersebut diatas hampir sama diseluruh kalimantan termasuk malaysia dan brunei..

azas: wah kalau masalah nyamuk di kalimantan lah gudangnya. tapi sesunguhnya di kalimantan itu enak gan.. buktinya para transmigrasi ga pulang-pulang.. kalaupun pulang paling mereka menjual warisan mereka di daerah asal. lebih memilih jadi warga kalimantan seutuhnya.. :-)

Ah, itu semua tidak sepenuhnya benar. Saya orang kalimantan kok..

iya memang tidak semuanya benar.. lebih2 di kotanya tidak semua demikian..namun tetap saja masih ada yang demikian.. terima kasih sudah berkunjung.. salam kenal saya juga dari kalimantan (KalBar) saya orang sintang

bm tamah agik....
kalau kerumah datang ndai ngemaik duiat bayah datang...takod ndaii pulai hahahahaha

Ia bang salam kenal juga,saya dri ketapang

Posting Komentar

buat pengunjung yang ingin memberi komentar namun tidak memiliki akun silahkan gunakan ANONIM, Trima kasih

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More